Hadiah Akhir Tahun Lahir 2 Ekor Anak Gajah Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan


lahiran-gajah-konten

Sebagai lembaga konservasi eksitu, Taman Margasatwa Ragunan telah berhasil menjagaanakgajah2 kelestarian Gajah Sumatera. Pada tanggal 20

Oktober 2013 telah lahir seekor bayi gajah sumatera berjenis kelamin jantan. Untuk sementara anak gajah tersebut belum diberi nama dengan induk betina Agustin yang berusia 14 tahun dan induk jantan bernama Arli berusia 21 tahun. Anak gajah tersebut lahir dengan berat badan 80 kg dan langsung menyusu kepada Agustin beberapa jam setelah kelahirannya.

Tidak lama berselang satu bulan pada tanggal 2 Desember 2013, lahir kembali seekor anak gajah sumatera berjenis kelamin betina . anak gajah betina tersebut lahir sehat dengan berat badan 100 kg, dari induk betina Mulyani ( berusia 25 tahun ) dan induk jantan Melki ( berusia 22 Tahun ). Ini adalah anak kedua Mulyani, setelah pada tahun 1999 Mulyani melahirkan Agustin di Taman Margasatwa Ragunan.

Kelahiran kedua anak gajah tersebut menambah koleksi Gajah Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan menjadi 14 ekor.

Gajah Sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam. Sekitar 2000 – 2700 ekor gajah Sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah Sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni manusia. Sekitar 83% habitat gajah Sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif untuk perkebunan.

Leave a Comment...